Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Sabtu, 17 September 2011

Blog Dibayar Untuk Menulis Artikel

Salah satu cara menghasilkan uang dari internet adalah dengan membuat blog tentang topik tertentu yang diminati.Income diperoleh dengan menampilkan iklan melalui program advertising dan afiliasi, penjualan produk langsung, atau layanan online.
Cara lain menghasilkan uang dari blog adalah menggunakan program atau jaringan blog berbayar (paid blogging networks) secara efektif. Di sini anda menulis artikel pada blog sesuai permintaan sponsor / pengiklan dan anda dibayar untuk menulis artikel tersebut.

Disebut jaringan karena anggota program tersebut terdiri dari penulis/blogger dan pengiklan yang terhubung melalui suatu market place baik langsung ataupun tersekat administrasi. Dilihat dari persepsi pengiklan, blog hanyalah platform publikasi dengan konten yang dapat terlihat oleh mesin pencari (search engine) dan oleh calon pelanggan/pembeli.

Pengiklan menginginkan ekspos tambahan untuk usaha/bisnis mereka dalam rangka menancapkan brand image dan (dalam konteks online) meningkatkan visibility pada mesin pencari. Mereka akan membayar untuk sponsored link atau materi tertulis, biasanya dengan cara menawar. Di sinilah posisi anda sebagai blogger dan sebagai bagian dari jaringan blog berbayar, anda akan dibayar untuk menulis tentang produk, situs, atau layanan si pengiklan. Pengiklan biasanya membayar jaringan blog berbayar terlebih dulu dan anda akan menerima fee yang sudah ditetapkan bila setuju untuk menerima tugas penulisan tertentu. Bisa dibilang bahwa jaringan tersebut berperan sebagai perantara / makelar.
Bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari Blog Berbayar? Prosesnya mudah. Mulai dengan mendaftar (sign up) pada jaringan blog berbayar ini dan mendaftarkan alamat blog anda. Beberapa program mensyaratkan bahwa blog anda harus sudah berjalan selama waktu tertentu (3 bulan, dll) jadi perhatikan hal tersebut sebelum mendaftar. Pelajari Terms of Service yang mereka miliki dan tunggu sampai blog anda disetujui untuk bergabung. Biasanya perlu beberapa hari. Setelah blog anda mendapat izin, masuk ke marketplace yang disediakan (kalau ada) atau tunggu sampai datang tawaran menulis artikel melalui email atau dashboard program tersebut.
Jika memutuskan untuk menerima tawaran, tulislah artikel pada blog anda sesuai dengan instruksi yang diberikan.Publish artikel tersebut dan beritahu alamat/URL artikel kepada penyedia program. Hal ini biasanya dilakukan melalui sebuah user interface setelah anda login. Setelah artikel disetujui, anda akan menerima pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Upah bervariasi antara $5 sampai  $500 untuk satu artikel, tergantung pada popularitas, ukuran dan segmen / niche blog anda.
Berikut ini beberapa program blog berbayar yang ada berikut reviewnya :
.
1. Payperpost
Adalah sponsored blogging network terbesar saat ini, Payperpost memiliki jumlah penawaran yang sangat banyak dan memiliki komunitas blogger melalui forum. Jika anda hanya ingin mendaftar untuk satu program blog berbayar, saya sangat menyarankan untuk bergabung dengan Payperpost ini. Tambahan lagi, dengan adanya Payperpost Direct dan program afiliasi menambah potensi income di luar struktur marketplace yang banyak digunakan blog berbayar lainnya.
2. ReviewMe
ReviewMe pada dasarnya adalah sejenis pasar/marketplace di mana pengiklan dapat berkunjung dan meng-order review dari para blogger yang tergabung. Beberapa blog besar dan populer terdaftar di ReviewMe ini dan tentu saja penghasilannya lebih tinggi bila blog anda termasukestablished dan memiliki banyak audien. Hal ini diukur dari jumlah pelanggan feed, juga melalui ranking di Technorati dan Alexa.
Blog-blog besar biasanya dibayar $100 sampai $700 untuk tiap artikel. Aturan dan batasan tidak seketat Payperpost. Kekurangan ReviewMe adalah mereka menarik komisi 50% yang menurut saya terlalu banyak. 3. SponsoredReview Mirip dengan ReviewMe namun menawarkan fungsi lebih sehingga anda dapat langsung menegosiasikanfee dengan pengiklan dan melakukan penawaran. SponsoredReview mengambil komisi sebesar 35% dari bayaran antara $10 - $500+ untuk tiap review. User interfacenya bagus, kekurangannya adalah pengiklannya belum terlalu banyak.
4. Blogsvertise
Tidak mempunyai marketplace jadi anda tidak bisa mem-browse tawaran pengiklan untuk memilih apa yang hendak ditulis. Admin situs akan menyesuaikan tawaran dengan profil blog anda. Anda bisa menolak atau menerima tawaran yang diberikan. Jika beruntung anda bisa mendapat satu atau dua penawaran tiap minggu. Kelebihannya bayaran dilakukan tepat waktu. 5. Blogitive Blogitive membayar semua blogger secaraflat sebesar $5 untuk semua penawaran, tidak tergantung popularitas blog. Termasuk satu dari program blog berbayar yang pertama berdiri, dan sempat terpuruk beberapa bulan setelah diluncurkan. Telah memperbaiki tampilannya. Membayar secara mingguan melalui Paypal. Blogitive memiliki jumlah pengiklan yang sedikit. Satu hal yang perlu ditingkatkan.
6. LoudLaunch
Blog anda harus setidaknya berusia 2 bulan. Pembayaran melalui Paypal. Seperti halnya Payperpost, blogger harus mencantumkan disclosure badge, tracker tag atau logo pada bagian bawah artikel. UI kurang menarik dan seperti halnya Blogsvertise, jumlah pengiklan terlalu sedikit.
7. Bloggerwave
Berbasis di Norwegia,rate sekitar $10 untuk satu artikel. Tidak banyak aturan, Pembayaran via Paypal. Sering terlambat membayar dan sebagian anggotanya menyimpulkan bahwa Bloggerwave adalah scam.Namun belakangan ini mereka selalu membayar tepat waktu.
8. Smorty
Rate sekitar $6 per artikel blog, namun bisa lebih jika anda memiliki blog populer atau blog dengantraff ic yang tinggi.Ap p ro va l artikel biasanya diberikan dalam jangka waktu satu minggu. Pembayaran berbasis mingguan melalui Paypal. Tidak banyak pengiklan yang menggunakan Smorty saat ini. 9. PayU2Blog Baru berjalan beberapa bulan dan sepertinya masih banyak yang perlu diperbaiki. Tidak memiliki marketplace yang memungkinkan anda untuk mem-browse penawaran yang ada. Mirip dengan Blogsvertise dalam hal menentukan jenis assignment yang akan anda terima. Pembayaran tiap dua minggu via Paypal
.
10. Blogging Ads
Tidak jauh berbeda denganBlogitive. Perlu diperhatikan bahwa anda hanya diizinkan untuk membuat 10 artikel tiap bulannya pada semua blog yang anda daftarkan. Rate tiap artikel sekitar $5. Pembayaran mingguan via Paypal. Blogging Ads juga nampaknya belum memiliki banyak pengiklan.
11. Creamaid Creamaid 
Agak berbeda dengan yang lainnya. Dengan widget yang disediakan, blogger yang memasangnya mendapat komisi referal dari pengunjung yang mengambil penawaran yang ditampilkan widget tersebut. Potensi monetisasinya terkecil. Jangan harap mendapat lebih dari $5 untuk sebagian besar penawaran yang ada 12. V7N Contextual Sebetulnya V7N bukan program blog berbayar karena sebagian besar pekerjaan bukan
menulis artikel. Anda hanya perlu merubahkeywo rd tertentu (mis. golf clubs) dalam artikel blog anda menjadi link ke situs pengiklan. Semua blogger akan mendapat $10 perlink, tidak tergantung pada ukuran dan popularitas blog anda. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah anda harus menyetujuinon-disclosure agreement (NDA). Artinya anda tidak boleh menyatakan bahwa link tersebut adalah link sponsor. Belum memiliki banyak pengiklan, sehingga jangan berharap ada banyak penawaran.
13. Linkworth
Linkworth adalah search engine company yang menawarkan banyak pilihan untuk monetisasi blog. Misalnya, blogger boleh menjual contextual link dalam artikel atau menulis pesan/artikel sponsor untuk topik tertentu. Metode lainnya yang menarik termasuk rotating ads, PPC (pay per click), danpackaged link ads. Linkworth menarik komisi 30%. Pembayaran secara bulanan via Paypal, cek, atau wire transfer.
14. Dewitts Media
Awalnya Dewitts Media adalah search engine company dan web design yang kemudian meluncurkan programadvert ising berbasis contextual link. Blog yang bergabung harus setidaknya memiliki Google Page Rank 3. Rate $10 per artikel. Seperti V7N, Dewitts Media mensyaratkan anda untuk menyetujui NDA yang melarang anda untuk menyatakan bahwa link atau artikel tertentu adalahsp o n so red. Saat ini belum memiliki marketplace, namun akan segera memiliki forum.
Kesimpulan Blog berbayar adalah metode yang baik untuk menghasilkan income dari menulis artikel. Uang yang dihasilkan sepadan dengan upayanya. Anda tidak memerlukan banyak pengunjung, namun harus diingat bahwa potensi profit akan meningkat bila blog anda semakin besar dan banyak dikenal orang. Buat beberapa blognich e sebagai blog untuk review dan tetap kembangkan sebuah blog flagship yang memiliki banyak audien dengan reputasi yang baik. Ingatlah bahwa blog yang ramai dan populer memiliki pilihan monetisasi yang lebih luas dan pada gilirannya menghasilkan lebih banyak uang untuk jangka panjang.

0 komentar:

Poskan Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...