Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Selasa, 27 September 2011

Tips memilih Modem USB

Pada kesempatan kali ini, saya berikan tips untuk anda yang ingin membeli modem Usb. Sebagaimana kita tahu modem Usb lebih mudah pemakaiannya dan juga bisa dibawa kemanapun. Jika anda pengguna Notebook/netbook maka modem Usb sangat cocok disandangkan, tapi pengguna Pc Desktop seperti saya juga pantas memakainya. Tips ini berdasarkan pengalaman saya beberapa kali berganti ganti modem, karena beberapa kali juga saya mengalami penyesalan setelah membeli, waktu itu saya masih awam pengetahuannya mengenai modem. Tapi setelah sekian lama.... pengetahuan saya mengenai modem bisa dikatakan lumayan. Oleh karena itu, agar penyesalan saya dahulu tidak teralami pada kalian semua, berikut tips membeli modem yang saya rangkum :

1.  Tentukan jenis modem Usb yang ingin kalian beli, ingin modem CDMA atau GSM.

2.  Pilihlah juga sesuai tarif dan jenis paket internet perbulannya. CDMA rata rata mengenakan tarif yang cukup murah dan paketnya diberikan Unlimited ( tanpa batas besaran data yang diakses ). GSM tarifnya cukup mahal (rata rata 2x tarif CDMA) dan paketnya diberikan KUOTA ( batas besaran data yang diakses), jadi misalnya kuota 200mb, setelah 200mb habis internet tak bisa digunakan lagi.

3.  Pilihlah modem yang sudah mendukung Evdo untuk CDMA atau 3G/HSDPA untuk GSM. Lihat dulu didaerahmu operatornya sudah mendukung Evdo atau GSM, jika ada dua duanya pilih salah satu saja. Evdo dan 3G/HSDPA adalah jaringan internet yang mendukung kecepatan tinggi, sehingga jika sudah ada jaringan ini pasti internetmu cepat dalam mengakses. Tapi bila didaerahmu belum ada EVDO atau 3g/HSDPA, tak apa apa, anda tetap bisa mengakses internet biarpun lambat. Biarpun tidak ada EVDO atau 3g/HSDPA saya sarankan anda tetap membeli modem dengan fitur tersebut, jadi sehingga suatu saat daerah anda sudah tersedia layanan EVDO atau 3g/HSDPA anda tidak perlu beli modem lagi.

4.  Jangan langsung tergiur dengan promo operator yang menjual modem murah beserta perdana operator tersebut. Karena biasanya modem tersebut sudah di Lock jadi anda tidak bisa ganti kartu perdana ke operator lain. Bayangkan jika anda sudah membeli modem tersebut ternyata kualitas internet operatornya di daerah anda kurang bagus, anda ganti ke operator lain tidak bisa dan akhirnya menyesal. Saran saya beli modem yang bisa untuk semua operator CDMA atau semua operator GSM.

5.  Jangan memilih modem yang terbuat dari plastik, karena akan cepat panas sehingga modem akan cepat rusak nantinya. Pilih modem yang ukurannya besar (contoh gambar diatas) dan jika ada lubang ventilasinya.

6.  Kalau bisa cari modem yang memiliki antena external (contoh gambar diatas), sehingga kualitasnya bagus dalam penangkapan sinyal.

7.  Belilah modem yang cukup ber merek terkenal, contoh seperti Huawei, Prolink, ZTE, dan Venus

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...