Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Selasa, 27 September 2011

TIPS BELI LAPTOP BEKAS




Sekilas Info : Yang namanya laptop seken mana ada yang bagus dengan harga murah kalau bukan karena beberapa hal berikut ini:
1.Orangnya terdesak keuangan sehingga laptop baru beli dalam 3 bulan sudah dijual lagi
2.Laptopnya hasil curian di jual ke toko dengan harga murah
3.laptopnya ada masalah entah itu baterai atau ada kerusakan pada body lap...top akibat jatuh.
Ingin beli laptop baru uang ngak cukup, tapi beli laptop sesen takutnya baru pakai sebulan dah rusak, gimana dong?, tenang! Saya berikan beberapa tips utnuk anda, semoga bermanfaat.

Perhatikan bentuk fisik laptop
oCasing, Kondisi body atau casing sangat menentukan apakah laptop itu dirawat dengan baik atau tidak, jadi perhatikan secara keliling kondisi casing apakah ada goresan, baut sudah pernah dibuka atau tidak. Kalaupun bautnya sudah pernah dibuka mungkin tidak apa-apa asalkan bodinya jangan ada goresan atau retak.
oLCD/Layar laptop, Pastikan layar LCD Oke!, tidak ada goresan. Ketika kita membuka layar juga engselnya tidak terlalu longggar, coba hidupkan laptop, kemudian buka dan tutup layarnya secara perlahan sambil memperhatikan layar. Apakah layarnya berkedip atau mati sesaat lalu hidup lagi. Jika hal itu terjadi berarti pada layar ada masalah.
oPastikan layarnya ketika dibuka-tutup tetap menyala.
oKeyboard dan touchpad, Terting seluruh tombol keyboar dengan mengetikan di Ms. Word, pastikan tidak ada yang macet atau bermasalah.

2.Perhatikan seksama komponen dalam laptop
oProcessor, Untuk saat ini pastikan processornya pentium M atau minimal Duel Core, untuk kota batam harganya sekarang kisaran 3, 2 s.d 3,4 jt untuk Duel Core dan Pentium M sekitar 2,1 JT
oMemory (RAM), harga RAM saat ini cenderung lebih murah, teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya. Saya sarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512Mb. Disarankan 1GB
oHarddisk, laptop lama mungkin hanya mempunyai kapasitas harddisk maksimal 80Gb, bahkan ada yang hanya 40Gb. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda untuk menyimpan data, saran saya minimal 80GB, mengingat kebutuhan data saat ini semakin banyak.
oBaterai, Ini adalah masalah yang sangat berat, umumnya baterai laptop seken hanya tahan sekitar 1jam, tapi dalam beberapa kasus saya sering beli seken baterainya tahan 1,5 s.d 2,5 jam. Jadi coba tanya baik baik sama tokonya. Minta jaminan baterai 1 minggu atau 3 hari untuk anda coba-coba jika tidak mau mendingan beli ke toko lain.
oCD_ROM atau DVD ROM, Pastikan laptop yang ada beli menggunakan DVD-RW dan coba uji coba memutar VCD dan DVD milik toko. Soalnya saya pernah membeli laptop seken bisa baca DVD tapi tidak bisa baca VCD, jadi pastikan kondisinya OK.

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...