Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Selasa, 12 Juli 2011

Bagaimana Motherboard Bekerja

Kecepatan dan kapasitas penyimpanan komputer meningkat setiap hari, disebabkan masalah prosesor penciptaan processor yang lebih baik dibuat setiap hari dan tidak ada batasan untuk  kecepatan komputer. Idealnya, kecepatan komputer tergantung pada sejumlah hal termasuk  Prosesor Random Access Memory (RAM), dan juga pada Motherboard.

Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang sangat rumit dengan sejumlah komponen seperti BIOS  yang sudah di pasang di dalamnya selain slot untuk memori, perangkat keras PCI, AGP (kartu grafis) dan slot untuk prosesor. Motherboard menghubungkan semua komponen untuk CPU dan memberikan kekuatan kepada seluruh komponen. Ini berisi sistem bus di dalamnya yang berfungsi sebagai transportasi data. Sebuah sistem bus ada yang 32 atau 64-bit.
Bagaimana motherboard bekerja
Motherboard satu-satunya komponen utama tempat untuk komponen yang terhubung satu sama lainnya. Ia bekerja seperti sistem saraf tubuh kita dan terutama memiliki kemampuan untuk mengangkut data dari setiap jenis. Menghubungkan sejumlah perangkat namun sebagai fungsi dasar adalah menghubungkan CPU (processor) dengan bagian lain dari komputer. Ada dua jembatan utama pada motherboard yang menghubungkan berbagai komponen termasuk prosesor.
chipset
Daerah motherboard memiliki dua chipset yang menghubungkan berbagai komponen ke motherboard dan Mereka disebut jembatan (Bridge). Diberi nama Jembatan Selatan (South bridge) dan Jembatan utara (North bridge)
North Bridge
Jembatan utara terhubung ke bus memori, front side bus (FSB), dan bus AGP. Bus memori akan terhubung ke memori, bus sisi depan terhubung ke CPU atau prosesor dan bus AGP akan terhubung ke kartu grafis.
South bridge
Jembatan Selatan terhubung ke bus ATA dan PCI bus. Bus ATA akan terhubung ke disk drive yang menyediakan jalan antara motherboard dan disk drive disk drive termasuk Compact (CD-drive) dan Hard disk drive. PCI bus terhubung ke PCI berbasis perangkat keras dan dengan demikian memberikan jalan hanya antara perangkat PCI dan motherboard.
Misalnya, ketika seseorang menekan tombol pada keyboard, katakanlah tombol “A”, maka informasi ini dikirim ke motherboard dan di teruskan ke processor, yang selanjutnya processor akan memproses informasi, dan kemudian mengirimkan perintah ke berbagai komponen. Kartu grafis mendapatkan informasi menampilkan pada layar komputer.
Kecepatan komputer terutama tergantung pada prosesor, tetapi motherboard juga mempengaruhi sebagai transoftasi sistem bus dan transportasi data. Jika sistem bus motherboard cepat maka akan dapat mentransfer informasi dengan kecepatan yang lebih tinggi tetapi jika lambat maka kecepatan komputer pasti akan terpengaruh terlepas dari kecepatan prosesor. Hal ini karena jika prosesor dapat bekerja pada kecepatan yang lebih tinggi tetapi informasi tersebut tidak ditransfer pada tingkat yang sama, komputer akan bekerja pada kecepatan lambat.
Sebelumnya, semuanya termasuk prosesor dibuat secara terpisah dan harus terhubung ke motherboard satu per satu sebelum dapat digunakan. Tapi sekarang, sejumlah aksesoris seperti LAN, video dan mendukung suara sudah terpasang pada motherboard.
Masa Depan Motherboard
Seperti komponen komputer lainnya, ukuran motherboard juga menurun, beberapa chip komputer yang lebih kecil sedang dibuat. Diharapkan bahwa di masa depan motherboard yang lebih kecil dari kartu SIM akan dibuat dan kecepatan dan mobilitas komputer akan sangat meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...