Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Jumat, 29 Juli 2011

Cara menjalankan komputer banyak hanya dengan satu monitor , keyboard dan mouse

Bagaimana Cara menjalankan komputer banyak hanya dengan satu monitor , keyboard dan mouse ?? Cara menjalankan komputer banyak hanya dengan satu monitor , keyboard dan mouse . KVM  mempunyai kepanjangan dari Keyboard, VGA, Mouse, merupakan sebuah acesories tambahan dalam bidang komputer yang berfungsi sebagai switch/saklar. Sesuai dengan namanya, KVM ini berfungsi untuk memindahkan beberapa tampilan komputer kedalam hanya satu monitor saja. Hal ini tentunya akan lebih memberikan nilai penghematan dibeberapa segment.
KVM ini kita perlukan ketika kita mempunyai beberapa komputer tetapi ingin melihat atau menggunakan komputer tersebut secara bergantian. Jadi adakalanya kita ingin melihat/menggunakan komputer A, maka kita switch/tampilkan layar komputer A, jika kita ingin melihat komputer B, maka kita tinggal memencet tombol untuk berpindah ke komputer B, begitu juga seterusnya.
KVM ini memang tidak begitu terkenal jika dibandingkan dengan aksesories komputer yang lain, seperti flash disk atau yang lainnya, karena hanya kalangan tertentu saja yang membutuhkannya. Kebanyakan orang yang membutuhkan KVM adalah para teknisi komputer yang banyak berkutat dengan perbaikan beberapa CPU sekaligus. Jika harus memindah kabel VGA secara manual tentu tidak akan efektif, maka solusi terbaik adalah menggunakan KVM.
Disamping teknisi komputer, mereka para penyedia layanan web hosting juga ada yang memanfaatkan KVM ini, alasannya karena mereka tidak selalu memantau aktifitas dari CPU server yang meraka pakai. Mereka hanya memantau komputer server mereka secara berkala, jadi penggunaan KVM juga sangat efektif.
Kemudian bagi anda yang gemar melakukan eksperiment dan instalasi software ke beberapa komputer dan kemudian membandingkannya antara yang satu dengan lainnya, menggunakan KVM juga merupakan pilihan yang bijak, karena tentunya proses pekerjaan anda akan lebih efektif.
Dari berbagai macam penggunaan KVM ini, bisa ditarik kesimpulan dari manfaat penggunakan perangkat KVM ini, diantaranya:
  1.    Bisa menghemat pengeluaran terhadap pembelian hardware komputer seperti monitor dan keyboard serta mouse. Hal ini disebabkan karena satu monitor, Keyboard dan mouse bisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus. Banyaknya komputer yang bisa dipasang tergantung dari jumlah port yang disediakan oleh KVM itu sendiri. Ada KVM 2 port, 4 port dan ada pula yang 8 port. Bisa dibayangkan berapa yang bisa dihemat dibandingkan dengan harus membeli monitor, keyboard dan mouse untuk masing-masing komputer.
  2.     Karena hanya menggunakan 1 monitor saja, maka penghematan terhadap pemakaian daya listrik juga pasti akan didapat. Jika secara standart, 4 komputer harus menggunakan 4 monitor yang masing-masing monitor, maka dengan menggunakan KVM, kita hanya perlu menggunakan 1 monitor saja, pastinya akan menghemat daya hingga 75%
  3.     Lebih menghemat tempat untuk menaruh monitor dan keyboard, karena hanya membutuhkan masing-masing 1 unit saja.
  4.     Tidak perlu repot-repot memasang dan melepas keyboard, mouse dan VGA karena semuanya akan ikut dipindahkan (ter switch) ketika kita memindahkan tampilan komputer melalui KVM.
  5.     Akan lebih mengamankan kabel dan PIN monitor yang sering patah atau bengkok karena sering dilepas dan dipasang
Demikian beberapa manfaat dari penggunakan KVM ini. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...