Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Jumat, 29 Juli 2011

Cara Membuat Aplikasi Handphone

Bagaimana cara membuat aplikasi hp atau handphone ?? Sudah banyak orang yang pandai membuat aplikasi untuk komputer itu NORMAL. Tapi tahukah anda kenapa pembuat/developer aplikasi mobile di Indonesia sangat rendah. Hal ini dikarenakan minimnya informasi tentang kompiler yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi mobile dan informasi vital lainnya yang “mungkin” sengaja disembunyikan para developer aplikasi demi kantongnya supaya selalu tebal.
Sebuah aplikasi kecil bahkan bisa menghasilkan uang yang sangat banyak sekali. Contoh kecil saja aplikasi game Angry Bird yang sangat populer, padahal kalau kita perhatikan aplikasi itu hanya simple saja. Kenapa bisa sangat populer? ya saya sendiri gak tau apa penyebabnya mungkin nasib pembuatnya lagi hoki
Dari pada semakin gak jelas langsung saja ke intinya. Pada artikel pendek ini akan saya jelaskan bagaimana prosedur membuat sebuah aplikasi mobile berbasis java. Program yang diperlukan:
  1. JDK (Java Development Kit), versi terserah.
  2. Netbeans IDE, versi terserah.
  3. Netbeans Mobility Pack, versi terserah (biasanya harus sama dengan versi Netbeans IDE)
Kalau sudah punya ketiga program diatas langsung saja install. Setelah selesai langsung saja buka program Netbeans lalu buat project baru, sesuaikan propertiesnya sendiri misalnya tempat project akan disimpan dimana, menggunakan midp 1.0 atau midp 2.0 dan lain sebagainya. Pemilihan ini sangat penting karena tidak semua handphone support midp 2.0 dan lain sebagainya.
Setelah itu bisa langsung di mulai pemrogramannya, karena bahasa pemrograman yang digunakan bahasa JAVA saya yakin pasti banyak orang yang kurang familiar pasti akan kesulitan, silahkan cari referensi sendiri di internet. Sedangkan visualnya saya rasa sudah mudah sekali sangat mirip dengan visual basic sehingga kemungkinan besar kita tidak akan kesulitan menggunakan versi visual-nya.
 
 
Setelah selesai membuat kita bisa langsung mencoba aplikasi tersebut bisa dengan run atau build. Kalau run kita bisa mengecek dulu apakah ada error yang mungkin terjadi, setelah tidak ada error baru kita pilih build. Akan ada 2 file yang dibuat yaitu AplikasiKita.jar dan AplikasiKita.jad file inilah yang perlu kita kirimkan ke handphone kita kemudian kita install.

0 komentar:

Poskan Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...