Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Minggu, 05 Juni 2011

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN INTERNET

Banyak diantara kita sering kebingungan, kenapa bias computer satu dengan computer lainnya dapat saling berhubungan bahkan sampai ke seluruh dunia. Sebenarnya jaringan dunia maya sama dengan struktur kehidupan manusia di Dunia Real.

Saya mencoba untuk menjelaskannya secara Sederhana di sesuaikan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Untuk penjelasan tersebut saya menggunakan nama Doni (Nama karangan) dan yang kebetulan memiliki nama Doni jangan marah ya bila di pakai namanya :

1. Tempat Tinggal Doni (Client Network)

Si Doni pasti memiliki tempat tinggal, tempat dia pulang setelah letih bekerja, dan tempat dia berkumpul dengan keluarganya. Tempat tinggal nya pastilah memiliki alamat; kita misalkan alamat tinggal Doni : Jalan Pelepah Raja No. 01. Dan bila seseorang menanya itu rumah siapa pasti di jawab Rumah Doni

Nah dalam dunia internet Doni adalah Client Network, alamat tempat tinggal Doni terebut dalam istilah computer di sebut IP. Adress.

2. Kelurahan Tempat Tinggal Doni (Acount)

Biasanya alamat tempat tinggal Doni pasti terletak di salah satu kelurahan dan kecamatan serta di propinsi mana dia tinggal, anggaplah Doni Tinggal di Kelurahan Cempaka Putih, Kotamadya Jakarta Timur, Jakarta. Dengan alamat tersebut orang pasti tidak susah lagi untuk mencari alamat Doni

Nah bila dihubungkan dengan Internet maka alamat kedudukan seperti kelurahan, kecamatan dan kotamadya itu adalah suatu petunjuk untuk memperjelas dimana sebenarnya posisi tempat tinggal doni, di dunia internet anda akan diberikan account atau anda diminta untuk merigistrasi suatu alamat seperti doni@yahoo.com, atau doni@gmail.com, atau doni@......dll

Dengan account tersebut maka doni bias terhubung dengan dunia luar contohnya seperti bergabung dengan facebook.com, twitter.com, dll.
Setiap account pasti harus memiliki password,. Samahalnya dengan rumah kita memiliki kunci, agar orang lain tidak dapat masuk ke alamat kita tanpa seijin kita.
Juga dengan alamat tersebut orang akan dapat berhubungan dan mencari kita di dunia Internet, sama halnya mencari alamat kita di dunia Maya.

3. Penghubung

Dalam kehidupan Doni agar dapat dia berhubungan dengan teman atau keluarganya yang jauh tempat tinggalnya walaupun dia memiliki alamat mereka dia tidak akan dapat mengunjungi mereka kalau dia tidak memiliki sarana kendaraan atau Transportasi.

Walaupun si Doni sudah memiliki alamat temannya ataupun alamat keluarganya, tapi dia tidak tahu harus mencari kemana alamat tersebut, maka Doni membutuhkan seseorang atau .suatu badan Informasi tentang alamat tempat tinggal seperti 108, atau Informasi Alamat di kantor Pos dll

Didalam dunia maya atau Internet sarana trasportasi atau kenderaan di sebut Provider, dimana provider akan menyediakan jalur komunikasi agar dapat berhubungan dengan orang lain dalam dunia Internet.

Setelah Doni memiliki fasilitas Internet dari Provider, untuk mencari alamat temannya di dunia internet dia membutuhkan suatu untuk pencari alamat tersebut, dalam dunia computer di sebut browsing Software seperti Internet Explorer, Mozilia firefox, Opera dll. Dengan mesin pencari tersebut maka Doni dapat berhubungan dengan temannya.

4. Tempat Kerja

Untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari si Doni harus bekerja, bila dia bekerja di kantor, atau membuka usaha sendiri, maka kantor atau usahanya tersebut pasti memiliki Gedung dan pasti memiliki alamat.

Dalam dunia internet tempat kerja Doni bias di sebut Hosting, dimana pada hosting tersebut kita bias meletakkan data kita untuk dapat diambil atau di lihat orang lain, dan kita dapat menyimpan data atau produk kita di Hosting tersebut.

Bila si Doni bekerja di kantor maka dalam dunia computer kita masuk atau meregistrasikan diri kita untuk menyimpan produk kita , contohnya ziddu.com, 4share.com dll.

Bila si Doni buka usaha sendiri maka dia akan membikin alamatnya sendiri sesuai dengan keinginnannya contohnya donihost.com

5. Nama Usaha

Bila si Doni bekerja di kantor, maka kantornya pasti memiliki Nama Kantor atau usaha yang dterdaftar pada pemerintah setempat, atau bila si Doni membuka usaha sendiripun, pasti si Doni harus memiliki Nama usaha yang terdaftar pada pemerintah tempat dimana dia tinggal serta kantor atau usaha si Doni pasti memiliki nama.

Dalam dunia Internet Izin usaha tersebut dinamakan Domain, dari domain yang kita miliki orang akan tahu Nama usaha kita tersebut dimana asalnya; contohnya doni.com berarti dari amerika, doni.co.id berarti dari Negara Indonesia. Dll.

Sementara nama perusahaan Doni tersebut dinamakan Web atau Situs dengan initial http://www.doni.com atau http://www.doni.co.id atau http://www.doni.org dll

Dan bila si Doni bekerja di kantor maka kantornya pasti memiliki nama, dalam dunia Internet nama kantor si Doni bisa di ibaratkan seperti http://facebook.com/doni, http://doni.wordpress.com atau http://doni.blogspot.com. Karena si Doni tidak memiliki usaha sendiri maka dia bekerja di perusahaan orang.

Demikianlah sekilas gambaran penjelasan saya tentang cara kerja dunia Internet semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...