Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Minggu, 05 Juni 2011

Tips Agar Komputer Anda Terbebas dari Virus


 Tips Agar Komputer Anda Terbebas dari Virus Virus memang sangat meresahkan pengguna komputer, saya yakin dari anda semua pasti pernah mengalami hal ini walaupun sebentar. mari kita mulai dari definisi virus dan antivirus, virus adalah suatu program jahat yang sengaja dibuat untuk mengganggu atau merusak sistem komputer kita. sedangkan antivirus adalah program yang dibuat khusus untuk mencari virus dan memusnahkannya.

Lalu bagaimana caranya ? pertama kita harus tahu bagaimana suatu virus dapat masuk ke dalam sistem komputer kita. biasanya virus masuk melalui removable storage, file *.exe dan terkadang melalui internet. Setelah mengetahui bagaimana suatu virus masuk ke komputer maka kita perlu melakukan pencegahan agar virus tersebut tidak bisa masuk dan menginfeksi komputer kita. Berikut ini adalah Cara-caranya :
  1. Jangan pernah mendownload suatu file yang tidak jelas asalnya, terutama file *.exe karena jenis file ini sangat pupuler sebagai media penyebaran virus. Jika antivirus anda sudah memberikan peringatan bahaya terhadap file *.exe terutama jika dalam rinciannya terdapat W32/<nama virus> misal : w32/sality.A. sebaiknya ikuti perintah antivirus untuk segera memusnahkan file itu.
  2. Waspadalah ketika anda menancapkan flashdisk atau removable storage lain karena sudah bukan rahasia lagi kalau flashdisk adalah sarang yang sangat nyaman bagi virus untuk berkembang biak icon smile Tips Agar Komputer Anda Terbebas dari Virus . Lalu bagaimana mengatasinya ? :
    • Gunakan nama folder yang menggunakan karakter unicode, mengapa demikian ? karena rata-rata virus tidak mengenali karakter unicode sehingga virus tsb tidak akan pernah menginfeksi file di dalam folder yang namanya mengandung karakter unicode, misal : ? Folder ?. penjelasan sederhana dari unicode disini adalah karakter yang tidak terdapat dalam keyboard.
    • Gunakan antivirus seperti smadav karena antivirus ini bisa digunakan untuk lock flashdisk dan scan otomatis ketika ada flashdisk yang dicolokkan. lock flashdisk sebenarnya adalah pembuatan folder autorun.inf dengan attribute system,read only,hidden sehingga ketika virus akan membuat rile autorun.inf di flashdisk maka akan terjadi error pada virus tsb.
  3. Janganlah browsing ke situs yang mencurigakan. biasanya situs yang seperti itu akan mengirimkan trojan untuk mencuri data- data pribadi anda (Username, password, dll.)
  4. Selalu update antivirus anda. Tahukah anda dalam 1 hari virus bisa bertambah variannya ? maka dari itu sebaiknya anda lakukan update antivirus anda setiap hari atau jika perlu 2 sampai 3 kali per hari. biasanya untuk antivirus seperti avira menyediakan update sekitar 2 atau 3 kali per hari.
  5. Gunakan antivirus yang menyediakan proteksi web, mail dan jaringan. hampir semua antivirus premium menyediakan fasilitas ini, tapi jika anda berencana menggunakan antivirus gratis maka cobalah avast free yang menyediakan fasilitas yang lebih bagus dari antivirus gratis lainnya.
Itu saja langkah pencegahan yang bisa anda lakukan, sampai saat ini saya sudah menggunakan cara tersebut dan sangat jarang sekali komputer saya terinfeksi virus. hanya pernah 1 kali terinfeksi virus yang mengakibatkan harus install ulang karena terlalu banyak file penting windows yang rusak. Jika anda tidak ingin sama sekali memusingkan virus anda bisa beralih ke sistem operasi yang bebas virus seperti linux based, BSD based ataupun OS X.

0 komentar:

Poskan Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...