Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Minggu, 05 Juni 2011

Komputer Tidak Mau Hidup

Sering kita mendapati masalah, pada saat komputer di hidupkan tidak ada tampilan di layar monitor, atau tampil beberapa saat kemudian Hang (Berhenti), ada beberapa cara yang akan saya bahas untuk mengatasi masalah tersebut :
Bila menghadapi hal tersebut janga terburu-buru untuk membawanya ke servis, coba ikuti langkah-langkah berikut :
Pemeriksaan Pengkabelan
  • Periksa kabel sambungan dari Listri AC ke komputer anda, kemungkinan kendur atau tidak terpasang sama sekali.
  • Periksa kabel power monitor dan kabel video yang terhubung ke soket VGA komputer sudah terhubung dengan baik atau tidak.
  • Periksa pin dari kabel konektor VGA monitor, apakah ada pin yang bengkok atau tidak, Jika memang ada yang bengkok coba luruskan dan tancapkan lagi ke slot VGA Card CPU lalu hidupkan komputer anda.
  • Periksa sambungan kabel dari power supply ke mother board, mungkin kendur atau tidak terpasang.
Pemeriksaan Hardware
Bila sambungan kabel sudah tersambung dengan benar, tetapi komputer anda tetap tidak mau hidup maka berikutnya anda dapat melakukan pemeriksaan hardware di dalam CPU anda.
  • Periksa Monitor komputer, apakah lampu powernya menyala atau tidak, kalau lampu power monitor tidak menyala berarti monitor anda ada masalah atau rusak, anda harus menservisnya.
  • Periksa power supply anda, untuk mengeceknya hubungkan kabel warna hijau dengan kabel warna hitam, bila kipasnya hidup maka powernya masih bagus.
  • Periksa tegangan Power Supply, tegangan power supply ada dua yaitu 12 volt dan 5 volt, coba periksa kabel merah dengan kabel hitam dengan multi tester, bila ternyata tegangannya kurang dari 12 dan 5 volt berarti power supply harus di ganti.
  • Bila ternyata power supplynya masih bagus, bila komputer di hidupkan fan power supply dan fan pendingin Processor bekerja tapi komputer tidak mau hidup, matikan komputer anda, lepaskan fan processor, kemudian hidupkan kembali selama 1 menit, coba pegang processor, bila processor terasa hangat berarti processor masih bagus, tetapi bila processor tidak panas berarti processor anda telah jebol perlu diganti.
  • Bila porcessor anda masih bagus, tapi komputer tidak mau nyala, periksa Memory anda, caranya bila anda memiliki dua komputer yang menggunakan memory yang sejenis coba pasang ke komputer tersebut, bila komputer tersebut tidak hidup setelah menggunakan memory tersebut, berarti memory tersebut rusak, anda harus mengganti memory
  • Bila ternyata memorynya masih bagus tapi komputer tersebut tidak mau nyala, periksa VGA Card anda (Bila menggunakan VGA Card), coba test vga Card anda ke komputer lain, bila komputer tersebut tidak mau nyala, maka anda harus mengganti vga card anda karena vga card tersebut rusak.
  • Bila VGA Cardnya masih bagus tapi komputer anda tidak mau hidup, coba lakukan Clear Bios, dengan cara menjamper pin dari posisi Normal ke posisi Clear, setelah anda jumper ke posisi Clear, hidupkan komputer anda selama beberapa detik, kemudian matikan komputer anda dan cabut kabel power listrik dari CPU, kembalikan posisi jumper ke posisi Normal, sambung kembali kabel power ke CPU anda dan hidupkan komputer anda.
  • Bila setelah melakukan Clear CMOS ternyata komputer anda tidak juga mau hidup, mungkin salah satu komponen komputer anda seperti, CD Room, Hardisk mengalami kerusakan atau korslet di bagian mekanik atau elektriknya. coba cabut hubungan dengan komponen tersebut. Setelah anda mencabut komponen yang terhubung di komputer tersebut kemudian anda hidupkan komputer dan komputer anda mau hidup berarti ada salah satu dari komponen tersebut rusak. Matikan komputer anda dan coba sambungkan ke komponen komputer satu persatu sampai anda mendapatkan komponen mana yang rusak tersebut. Dan bila ketemu komponen yang rusak tersebut, segera ganti komponen anda atau bawa ketempat service.
  • Bila ternyata semua komponen komputer dalam kondisi bagus tetapi komputer anda tetap tidak mau hidup berarti chipset komputer anda atau Motherboard anda rusak, Silahkan ganti motherboard anda atau bawa ke tempat service distributor Motherboardnya.
Pemeriksaan Driver
  • Periksa Driver Instalasi komponen komputer, terutama Driver VGA Card, bila Driver vga card anda tidak cocok dengan system VGAnya maka akan terjadi conflik sehingga komputer anda tidak mau bekerja atau Hang.
  • Bila anda mengupdate Bios, tapi bios yang anda update tidak cocok dengan system motherboard maka komputer anda tidak akan hidup, anda harus mengganti update bios tersebut ke posisi standardnya. Hati-hati dalam mengupdate bios, kalau ternyata bios tidak cocok maka komputer tidak akan dapat membaca komponen komputer anda termasuk hardisk dan usb, sehingga anda harus mengganti chipset bios bila ada yang jual, kalau tidak ada yang jual maka anda terpaksa harus mengganti motherboard anda.

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...