Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Senin, 10 Oktober 2011

8 fakta menarik mengenai ponsel


smartphone-menarik-1
Gadgetan.com – Keberadaan ponsel atau telepon genggam saat sekarang ini sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari berbagai aktifitas manusia, dan mungkin ketika meninggalkan rumah kita tak akan lupa mengajak sang telepon genggam turut serta dalam setiap gerak penggunanya. Tahukah Anda 8 fakta menarik tentang ponsel? Pada kesempatan kali ini Gadgetan akan mencoba membahas 8 Fakta menarik tentang dunia ponsel tersebut yang mungkin perlu anda ketahui.

1. Ponsel komersial pertama
ponsel-telekomunikasi 

Panggilan ponsel pertama di dunia kabarnya dibuat pada tahun 1973 oleh karyawan di Motorola bernama Martin Cooper dari jalanan kota New York. Pada saat itu, ia menelepon Joel Engel, rekannya di AT&T, yang merupakan perusahaan terbesar di dunia. Adapun ponsel yang digunakan pada waktu itu hanyalah sebatas prototype saja, dan belum masuk ke tahap finalisasi semuanya. Nama telepon genggam yang digunakan pada saat tersebut berasal dari Motorola dan bernama Motorola DynaTAC, yang kemudian memang disebut sebagai ponsel komersial pertama yang dihadirkan ke pasaran.

2. Smartphone pertama di dunia
ponsel-pertama-di-dunia

Smartphone pertama di dunia debutnya adalah pada tahun 1993 di acara Florida Wireless World Conference. Ini diluncurkan oleh BellSouth Seluler dan hadir dengan sentuhan OS PDA dan layar touchscreen LCD bernama Simon personal communicator. Dalam pers rilis dari peluncuran tersebut dijelaskan bahwa handset ini dirancang langsung oleh IBM, dan menawarkan lebih dari sekedar komunikasi suara, dengan kemampuan yang dimaksimalkan untuk berbagai keperluan, seperti untuk surat elektronik, dan manajemen dokumen, semua itu hadir dengan harga ritel sebesar US $ 899, atau harga Simon pesonal communicator ini jika dikurskan sekitar 7,7 jutaan per unitnya.
Dalam tahap awalnya Simon pesonal communicator ini hanya di buat sekitar 2.000 unit saja dan keberadaannya terbatas.

3. Limit pesan teks hanya 160 karekter di ponsel
160-karanter-ponsel

Ada berbagai teori mengenai awal mula dari pesan teks. Pesan teks adalah sebuah pesan pendek, berbasis teks, yang kemudian dikembangkan ke dalam berbagai sistem telekomunikasi menjelang akhir abad ke-20. Bekerja untuk kelompok GSM, Hillebrand Friedhelm asal Jerman datang dengan konsep pesan teks ukuran data 128 byte yang akan dikirim melalui jaringan ponsel yang ada, dengan kemudian adanya pembatasan 160 karakter limit yang dilakukannya.

Pada tahun 1985 Hillebrand dikatakan bereksperimen dengan membuat catatan pada mesin tik untuk datang dengan pesan yang ideal. Dan akhirnya, dia menganggap bahwa batas 160 karakter pesan teks sebagai sesuatu yang sempurna, hingga kelompok GSM menetapkan standar pada tahun 1986. Setelah itu, semua operator telepon seluler dan ponsel diperintahkan untuk mendukungnya.
Warisan dari  Hillebrand ini terus hidup melalui salah satu jejaring sosial yakni melalui Twitter. Twitter, seperti yang kita tahu, membatasi tweet maksimal hanya sebesar 140 karakter saja.

4. Permasalahan pocket dialing
pocket-problem

Kemungkinan anda telah menerima “hantu” panggilan otomatis pada ponsel Anda, terutama jika nama Anda dimulai dengan huruf “A”. Ketika telepon berdasarkan nomor berasal dari ponsel di pocket, ini merupakan salah satu gangguan kecil. Namun untuk layanan darurat, itu masalah yang lebih serius. Di awal tahun 2000an National Emergency Number Association mengungkapkan bahwa “hantu panggilan” yang terdiri sekitar 70% dari panggilan 911 ini telah menyebar di beberapa daerah AS. Di Inggris angkanya bahkan mencapai sebanyak 11.000 panggilan per hari.

5. Ponsel termahal di dunia
enspensive-ponsel-mahal

Salah satu toko perhiasan di Inggris dengan nama Stuart Hughes telah mencoba menghadirkan sebuah smartphone atau ponsel pintar termahal di dunia, apa itu? Itu adalah smartphone Apple iPhone 4 yang dihadirkan dengan lapisan berlian yang mengelilingi bodinya, kabarnya iPhone 4 yang yang kemudian disebut sebagai iPhone 4 Diamond Rose ini ditawarkan seharga lima juta euro. Dengan harga yang memang cukup mahal seperti itu, pengguna akan mendapatkan beberapa keunggulan selain daripada mendapatkan iPhone 4 yang canggih, namun lebih dari itu, pengguna juga akan mendapatkan sekitar 500 butir berlian cantik yang mengelilingi semua permukaan samping iPhone 4.
6. Ditemukannya Voice Mail (Pesan Suara)
the-voice-mail-ponsel

Sekitar tahun 1986, Scott Jones, ilmuwan peneliti di MIT, menemukan sistem pesan suara yang modern yang kemudian disebut sebagai voice mail. Meskipun operator telepon seluler dengan regulasi di Amerika Serikat masih mempunyai masalah untuk bisa menawarkan pesan suara kepada massa, Jones tetap mengembangkannya, hingga akhirnya mendapat kesempatan untuk mulai menciptakan sistem pesan suaranya untuk ponsel. Saat ini, penggunaan voice mail mungkin sudah tidak asing lagi didengar keberadaannya.
7. Textonyms
tekstonomi-ponsel Kita semua menyadari bahwa pesan teks setidaknya dapat berbicara dan menggambarkan keadaan pengirimnya, akan tetapi apakah anda akrab dengan textonyms? Teknologi ini lahir dari sistem telepon selular teks prediktif. Textonym adalah sebuah kata yang yang diketik menggunakan urutan yang sama dengan tombol pada keypad numerik, ini hadir berdasarkan teks prediksi pada handset. sistem ini juga dikenal sebagai adaptonyms atau cellodromes. Menggunakan teks prediktif adalah alternatif pertama untuk kata kunci tertentu yang digunakan dalam textonyms.
8. Ponsel terlaris dalam penjualannya
selling-mobile-phone-ponsel

Jika anda mungkin berpikir dan menganggap bahwa iPhone dari Apple adalah ponsel terlaris dalam sejarah selama dalam penjualannya, plus hadir dengan berita terbaru bahwa telah menembus angka 100 juta perangkat iPhone yang telah berhasil terjual, itu mungkin masih dalam lima besar saja, tapi ada angka yang lebih jauh dibandingkan itu.

Telepon/ponsel yang paling populer dan paling laris di dunia berdasarkan informasi terakhir adalah Nokia 1100, sebuah candybar GSM yang diluncurkan pada tahun 2003 lalu. Lebih dari 250 juta perangkat Nokia 1100 ini telah terjual. Adapun untuk kelas Nokia, Nokia 3210 dan Nokia 3310 juga telah menjadi lima besar sebagai ponsel terlaris dalam penjualannya, dengan vendor lainya ada dari Motorola RAZR. Nokia 1100 disebut-sebut menjadi berita utama pada tahun 2009, dan terus sukses berhasil mengambil hati para pecinta ponsel, walaupun hadir dengan bentuk yang simple dan tidak banyak fitur didalamnya.
Itulah delapan fakta menarik seputar dunia ponsel. Sebenarnya masih banyak data-data menarik lainnya

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...