Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Senin, 10 Oktober 2011

Pertolongan Pertama Pada HP Yang Rusak



HP anda pernah mengalami kerusakan?? hang, keypad tidak berfungsi, kecebur air, mati, dll. eittsss... jangan bawa ke tempat servis dulu! siapa tau diperbaiki sendiri dulu bisa. mau tau ? baca ni!



Trik pertolongan pertama HP agan kecebur air
* Jika ponsel Anda terendam, keluarkan ponsel dari air secepatnya untuk mencegah komponen bagian dalam terkontaminasi air. Dalam beberapa kasus, casing ponsel memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal ini hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik.

* Segera keluarkan baterai dari dalam ponsel. Memutus aliran sumber daya angatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan ponsel. Beberapa sirkuit elektronik dinyatakan bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya.

* Segera keluarkan juga kartu SIM Anda untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Anda tentu tak ingin phonebook atau SMS penting Anda lenyap. Biarkan kartu SIM Anda sampai benar-benar kering sebelum Anda mengecek kondisinya.

* Keringkan ponsel sampai benar-benar kering. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Jika ada, gunakan juga pengering rambut alias hair dryer. Namun pastikan ponsel Anda jangan sampai terlalu panas. Jangan pula meletakkannya di microwave. Ponsel yang terlalu panas dilaporkan bisa meledak.

* Uji coba kondisi ponsel Anda setelah benar-benar kering. Jika ponsel ngadat, periksalah apakah ponsel atau baterai Anda yang rusak, dengan memakai baterai cadangan. Jika hanya baterainya yang rusak, Anda tinggal membeli yang baru.

* Jika seluruh langkah tersebut telah Anda lakukan namun ponsel tetap mengalami kerusakan, apa boleh buat, Anda tampaknya harus mengandalkan jasa teknisi ponsel. Namun ingat, Anda harus mencari teknisi ponsel yang terpercaya dan terjangkau.

Tips sederhana HP terkena virus
Dengan memformat saja, tp akan menghapus data2 yg ada di ponsel, format ada 2 cara:

1.format utk kartu memory, menu format udah ada di ponsel, tp jika virusnya ada di memory phone, kita pakai cara kedua,

2. Format memory phone, caranya matikan ponsel, tekan tombol bintang(*),call(dial warna hijau), dan angka 3 secara berbarengan, kemudian aktifkan ponsel, INGAT ketiga tombol tadi terus di tekan dan jangan dilepas sebelum tanda format muncul

kalo hp agan bukan nokia, coba aja langkah di atas, siap tau berhasil..

Trik Mengatasi Handphone yang nge-HANG
* Pertama coba matikan ponsel, lepaskan baterai dan pasang kembali. Biasanya Hang yang ringan akibat bertumpuknya system kinerja ponsel bisa diatasi dengan cara yang sederhana ini.


* Coba reset ponsel atau kembalikan kepengaturan awal (standar pabrik) menggunakan kode reset, dan melalui pengaturan ponsel biasanya cara ini sangat jitu apalagi dalam mengatasi virus Handphone yang sudah menyebar dan merusak system

Kode kode yang biasa digunakan pada proses reset :

Nokia:

Dengan cara menekan *#7370# , *#7780#, tekan tombol ON/OFF + Panggilan + * + 3 bagi yang menggunakan OS Symbian. Dan bagi yang menggunakan nokia komunikator tekan tombol Ctrl + shift + F
Samsung :

Dengan cara menekan *2767*2878# dan *2767*3855#
Motorola :

Dengan cara menekan # selama kurang lebih 3 detik kemudian tekan tombol 57#
PDA PHONE
:

dengan cara cabut baterai

Ada juga beberapa ponsel yang harus masuk ke menu pengaturan misalnya saja jenis sony erricson ketika masuk ke menu dan pilih master reset setelah itu kita diminta untuk masukan kode phone. Kode standarnya 12345, 0000, 000000, jika kode standarnya belum dirubah.

Tips mengatasi keypad hp tidak berfungsi
Analisa pertama jika permasalahannya seperti itu, maka hal itu hanya karena tombol dalamnya kotor. Bisa langsung di cek dengan membuka casing Handphone tersebut. Buka bagian Flexiblenya, untuk tombol ada pada bagian tombol yang dilapisi oleh stiker berwarna putih. Didalamnya terdapat tombol-tombol dalam mengikuti keypad. Jika permasalahannya hanya terdapat pada tombol angka '3' maka dapat dilihat pada bagian tersebut. Jika memang terlihat kotor, bisa dibersihkan dengan menggunakan penghapus khusus (kalau tidak ada boleh pakai penghapus pensil). Jika kotor karena korosi, dapat dibersihkan dengan bantuan tiner.

Analisa kedua tombol dalamnya sudah tidak fleksible lagi alias sudah tidak nyaman dipencet. . . Solusinya cukup mudah, hanya diganti dengan tombol besi dalamnya (cuma 1 tombol aja khan..). Tombol besi dalam bisa diambil dari bangkai handphone atau beli saja, murah koq. Kalau beli jelas tidak bisa beli satuan, minimal satu lembar stiker fleksible.

Analisa ketiga jika cara pertama dan kedua gagal, yaitu kerusakan pada jalur fleksible. hmmmm kerusakan ini yang paling menyebalkan. Karena masalahnya pada jalur.
Dalam pemakaian normal kerusakan jalur keypad rusak memang sangat jarang terjadi. Kerusakan hang keypad karena jalur putus biasanya terjadi pada musim2 begini, musim hujan, kehujanan.

Langkah Pertama :

1. Pastikan bersih atau bersihkan terlebih dulu papan keypad dan keytones-nya

2. Pastikan jalur keypad tidak putus.

3. Bila tetap hang, ganti IC keypad.

4. Bila bersabar dan ingin irit, lakukan jumper atau sambungan pada kaki2 IC.

Mengatasi Blackberry yang mati karena salah software/restart/hang
 

Siapkan:
1. PC os windows
2. Desktop Manager
3. Os blackberry yg sesuai dgn type bb yg akan di perbaiki
4. Usb kabel

Step 1


Instal Desktop manager Dan Os bb nya di komputer/laptop. Setelah penginstalan Os selesai pastikan hapus file vendor.xml di C:Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader.setelah di klik apploader,

cara install os bb : http://adiristandi.wordpress.com/201...ll-blackberry/

 

Step 2:
 
Pastikan BB nya gak konek ke komputer dulu
Trus buka APP Loader Application. Ini tempatnya ada di: C:Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader.setelah di klik apploader, trus klik next.

Step 3:

 
Nanti akan terbuka window Communication Port Selection.
Karena BB kita mati, pastinya ngga akan ketemu PIN BB tersebut, tapi nanti ada tulisan COM1. Nah.. supaya terbaca, kita langsung colokkan dengan USB kabel sampe nongol USB-PIN:UNKNOWN, nah setelah terlihat, buru2 klik Next.
Pada masa ini, led BB nya akan berwarna merah, jangan sampe led nya mati lagi, kalo begini, brarti kudu dari awal. Triknya: cabut aja baterenya. Sampe nanti nongol USB-PIN:UNKNOWN, baru masukin baterenya.

Step4:

 
C:Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader.setelah di klik apploader, trus klik next.
Tinggal di centrang aja applikasi yang mau dimasukin dlm penginstalan Os. Kalo bingung, centrang semua.
 

Setelah ini klik Next dan approved yang mau di Install klik Finish.
Sekarang…. tinggal tunggu aja komputer yang ngerjain semua… sambil ngupi juga bisa, karena ini akan memakan waktu yang lama.
Setelah selesai , bisa diliat nanti ada window lagi
 

The loading operation was successful, BB nya dah siap untuk ‘reloading’ lagi, copot kabel usb nya, dan seperti biasa… loading awal ini akan memakan waktu 10 – 20 menit khan… tungguin aja, kalo berhasil berarti akan nongol wallpaper awal, kalo ngga… ya ngulang dari awal… tapi biasanya berhasil kok.

0 komentar:

Poskan Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...