Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Jumat, 03 Juni 2011

Tips Dalam Pembelian Komputer Bekas

Jika anda menginginkan sebuah komputer, dan dana anda untuk membeli komputer terbatas, anda dapat membeli komputer bekas. Komputer bekas kwalitasnya tidak kalah dengan komputer baru : karena biasanya orang menjual komputer bekas antara lain :
  1. Orang tersebut pingin punya Komputer yang lebih bagus lagi.
  2. Banyak orang yang tidak mengerti, mereka berfikir kalau system OSnya rusak maka komputernya rusak sehingga mereka menjual komputer tersebut.
  3. Bila kita membeli komputer bekas, paling 1 atau 2 komponen yang tidak bekerja, sehingga kita dpt membeli komponen tersebut dengan harga lebih murah lagi.
 

Keuntungan Membeli Komputer Bekas
  1. Harganya lebih murah
  2. Kita dapat memodifikasi komputer kita untuk lebih baik lagi
  3. Kita dapat belajar lebih dahulu dari komputer bekas tersebut agar suatu saat nanti bila dana kita ada kita membeli komputer baru kita sudah memahami betul untuk merawat komputer kita.
  4. Kita dapat membuat komputer bekas menjadi sarana ujicoba untuk meningkatkan kemampuan kita.
Tips untuk membeli komputer bekas anda dapat mngikuti cara berikut :
Selain anda memeriksa penawaran mereka mengenai Mother Boardnya dan processornya, anda juga harus memeriksa komputer secara ditael seperti petunjuk di bawah ini.
1. Periksa kelengkapan komputer tersebut, seperti :
  • Monitor, perhatikan apakah monitor tersebut berfungsi dengan normal, seperti chek brighnes, sharpenesnya dll,
  • Periksa Keyboardnya, apakah semua tutch tombol keyboard berfungsi atau tidak
  • Periksa Mousenya, apakah mouse berfungsi atau tidak.
  • Periksa Terminal2 USBnya dengan cara memasukkan Flash Disk ke dalam Terminal USB, apakah USB dapat membaca atau tidak
  • Untuk pemeriksaan minta di hidupkan komputer tersebut.
2. Periksa apakah spesifikasi Komputer tersebut sesuai dengan yang di tawarkan seperti besarnya Memori dan Kapasitas Speed Processor
Caranya:
  • Masuk ke Bios Setup, setelah itu periksa kelengkapan seluruh peralatan
  • Dengan cara, masuk kewinidows, kemudian klik kanan My Computer,  kemudian klik Properties, maka akan kelihatan spek dari komputer
3. Periksa kondisi Hardisk
Secara fisik hardisk tidak bisa di cek apakah ada bad sactornya atau tidak, tapi anda bisa menceknya dengan cara menjalankan program, bila ada bad sector maka kemungkinan besar kerusakan hardisk akan membesar dan lama kelamaan akan rusak.
cara memeriksa Hardisk.
  • Klik My Computer, kemudian klik Explorer. maka akan tampil Drive dengan partisi(C.D, E dst)
  • Periksa setiap partisi dengan mengklik kanan, kemudian  klik Properties, lalu klik menu Tab Tools.
  • Dari menu Tools, klik Check Now
  • Centrang semua pilihan, kemudian klik Start.
  • Pada saat menu start di klik kemungkinan komputer akan meminta akan melakukan pengecekan pada saat booting komputer kembali, klik Yes.
  • Restart komputer, biarkan komputer tersebut bekerja dan memeriksa kondisi hardisk. bila ada tulisan ” Bad Sactor = 0 berarti kondisi hardisk bagus.
4. Periksa kondisi Sound Cardnya dengan cara memutar lagu MP3 atau lagu lain2nya dan dengaarkan melalui Speaker, kalau ada suara keluar dan bagus kedengarannya berarti kondisi Sound cardnya bagus.
5. Periksa kondisi VGA Cardnya, atau Display Cardnya, dengan cara memutar video dengan gambar full, atau melihat gambar-gambar foto, bila gambar yang tampil bagus dan tidak pecah maka kondisi VGA Cardnya bagus.
6. Jangan di tanyakan masalah program apa yang tersedia, karena program komputer adalah keinginan kita, tapi kalau mereka bersedia mintalah di install program2 yang anda inginkan.
7. Bila di Sediakan DVD Room, periksa apakah DVD tersebut bekerja, caranya minta Disk DVD dan di masukkan kedalam DVD Room tersebut, bila tampil isi Disk tersebut di monitor maka DVD Room Tersebut kondisinya bagus
8. Bila di tawarkan DVD RW, minta di test apakah Dokumen dari komputer bisa di copy kedalam DVD R Blank, dan bila ternyata DVD R Blanknya bisa di bakar dan terisi dokumen yang di copy maka kondisi DVD RW tersebut baik.
9. Jangan Lupa minta Driver dari seluruh Komponen komputer yang terpasang di peralatan tersebut.
10. Mintakan jaminan kondisi komputer yang akan di beli, semacam Garansi, biasanya kalau kita membeli komputer bekas, akan diberikan garansi 3 bulan.
11. Pastikan kita membeli komputer sesuai dengan keinginan kita dan badget keuangan kita
Selamat membeli

0 komentar:

Poskan Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...