Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Minggu, 05 Juni 2011

Tips memperbaiki mouse usb

Bila mouse kita rusak dan biasanya ditandai dengan USB DEVICE NOT RECOGNIZED, sebenarnya masih mouse tersebut masih bisa untuk diperbaiki berdasarkan pengalaman dan praktek yang pernah saya lakukan dan kebetulan saya juga hobi elektronik  dan ternyata ini berhasil sehinga tidak perlu lagi membeli mouse yang baru, permasalahan atau kerusakan seperti ini disebabkan karena kabel dari mouse usb kita ada yang tidak terkoneksi dengan baik atau putus pada salah satu/beberapa kabel yang pada mouse, pada kabel mouse terdapat empat kabel dan biasanya daerah yang putus pada kabel yang diikat didalam mouse, kabel tersebut putus kemungkinan disebabkan karena tertarik. Intinya untuk memperbaiki mouse tersebut adalah mencari derah kabel yang putus kemudian dipotong derah yang putus tersebut kemudian disambung lagi dengan disolder.

Sebelumnya peralatan yang harus disediakan  adalah sebagi berikut :
  1. Gunting
  2. Obeng
  3. Solder dan timahnya
  4. Multi Tester


Langkah- langkah untuk memperbaiki mouse yang rusak yaitu :

  • Buka baut pada mouse usb buka/bongkar mouse tersebut
  • Kemudian kamu tes keempat kabel pada mouse dengan multi tester untuk mengetahui kabel mana yang putus dan biasanya pada derah ikatan didalam mouse, cari daerah kabel yang putus sampai ketemu.
  • Jika jarum multi tester bergerak berarti kabel tidak putus, jika jarum pada multi tester diam/ tidak bergerak berarti kabel mouse tersebut putus dan harus disambung.
  • Tes keempat kabel usb mouse satu persatu pada ujung usb dan kabel didalam mouse.
  • Setelah tempat kabel yang putus ditemukan kemudian potong pada daerah sekitar kabel yang putus.
  • kemudian kupas isolator kabel dan kemudian disambung kembali menggunakan solder pada mouse.


  •  Kemudia tes kembali dengan multi tester untuk memastikan bahwa ke 4 kabel usb mouse sudah terhubung/tersambung dengan baik

  • Kamudian kamu tes mouse colokan kabel usb pada komputer, bila mouse terdeteksi oleh PC/ komputer dan sudah bisa digerakan.
  • Kemudian pasang lagi mouse dan dibaut kembali
  • Selesai sekarang mouse usb anda sudah bisa digunakan kembali.

Terimakasih semoga bermanfaat................................!!!!!!!!!!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...