Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Senin, 22 Agustus 2011

Pengertian Domain Dan Hosting

 Pengertian Hosting dan Domain, karena hosting dan domain merupakan bagian yang penting apabila anda ingin membuat website atau blog.
Bagi orang yang akan membuat blog gratisan mungkin anda tidak terlalu perlu membaca tulisan ini, tapi bagi yang mau membuat blog yang berbayar, maka anda perlu mengetahui pengertian domain dan hosting.




Pengertian Domain

Domain adalah nama dari alamat website seperti www.google.com. Domain seperti ini disebut Top Level Domain (TLD). Nah alamat website gratisan yang Anda peroleh dari Geocities misalnya merupakan subdomain. TLD jelas lebih keren dan lebih profesional dibanding subdomain. Tentu saja, domain ini harus beli.

Di dunia ini belum ada yang memberikan domain gratis, yang ada paling menggratiskan domain untuk membeli paket layanan tertentu dari perusahaan tersebut, misalnya membeli paket hosting. Domain harus dibayar per tahun dan setiap tahunnya harus diperbarui.

Berbeda dengan domain global, domain dengan ekstensi dari Indonesia hanya perlu membayar sekali saja waktu mendaftar. Namun demikian, domain lokal Indonesia jarang diminati karena memiliki ekstensi dua kali misalnyua .co.id.

Selain itu domain lokal Indonesia juga tidak bisa didaftarkan secara langsung sehingga bisa dipahami peminat domain lokal tak sebanyak domain global. Berbeda dengan domain global seperti .Com dan .Net yang siapapun boleh untuk mendaftarkan domain tersebut, siapa cepat dia dapat kecuali domain yang mengarah ke jelas-jelas nama sebuah perusahaan atau nama tokoh ternama.


Pengertian Hosting
Setelah membeli domain, Anda perlu menambatkan "rumah domain" tersebut ke sebuah tempat yang disebut hosting. Hosting ini tempat menaruf file-file yang akan Anda tampilkan di dalam website. Hosting berupa seperangkat komputer yang disebut serer yang harus online 24 jam agar website Anda bisa diakses 24 jam oleh pengunjung.

Banyak tawaran hosting gratis namun biasanya selalu ada banner atau iklannya sehingga mengganggu tampilan situs Anda. Hosting gratis tentu saja tidak menyediakan semua fasilitas penuh untuk mengelola website.

Semoga bermanfaat tentang Pengertian Domain Dan Hosting diatas...

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...