Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Kamis, 18 Agustus 2011

SQL Dengan POSTGRES

Database merupakan aspek yang sangat penting dalam teknologi informasi, termasuk database SQL dengan Postgres.  Aplikasi canggih yang mendukung sistem besar perlu didukung oleh database server yang handal, berkinerja tinggi, serta mudah perawatan dan pengembangan.
Beberapa pihak bahkan menambahkan satu kriteria lagi, yaitu ketersediaan source code untuk lebih menjamin kelangsungan sistem. Postgres memang bukan satu-satunya database server yang menawarkan feature di atas. Tapi Postgres sudah sejak awal memberikannya. Para perancangnya begitu komitmen terhadap perkembangan Postgres dan kini ia telah digunakan secara meluas untuk berbagai macam aplikasi di banyak platform.
Berangkat dari apa yang dialami Postgres, penulis mencoba untuk menerapkannya sebagai database server untuk berbagai aplikasi Linux yang dibuat. Dalam perjalanan penggunaannya, penulis senantiasa membuat catatan-catatan kecil yang berkaitan dengan instalasi, konfigurasi, atau penemuan-penemuan lainnya. Catatan ini kemudian dikompilasi menjadi sebuah artikel kecil, pada awalnya.

Seiring perjalanan waktu dalam pengembangan sistem di berbagai proyek database, artikel kecil itu kini telah membesar dan menjadi sebuah buku kecil. Dari catatan, artikel, dan kini buku sebenarnya hanya sebuah dokumentasi yang telah menjadi rujukan bagi penulis untuk hal-hal sama yang pernah ditemui.
Kalau ternyata tulisan ini telah menjadi pengisi di tengah lengangnya tulisan tentang Postgres di Indonesia, maka itu sudah merupakan nilai tambah tersendiri yang semoga – bermanfaat bagi para programmer negeri ini, dan masyarakat luas pada umumnya.

Penulisan berawal dari sebuah proyek aplikasi web yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya, terutama pada bagian instalasi dan administrasi sistem. Untuk bagian SQL dasar, sebenarnya merupakan “konversi” dari tulisan sebelumnya yang membahas database InterBase. Sehingga dokumentasi ini sempat terdiri atas dua judul:

Pengenalan Postgres dan SQL dengan Postgres. Proyek lainnya yang berbasis web tetap menggunakan Postgres dan PHP. Diikuti dengan pembuatan billing system untuk warnet-kos di RAB1 yang menggunakan Python sebagai programming language.

Namun sampai di situ dokumentasi belum mengalami peningkatan kuantitas dan kualitas tulisan dikarenakan proyek-proyek tersebut “mencukupkan” diri pada SQL dasar. Lompatan yang cukup besar terjadi pada pengembangan sistem informasi di RS Pertamina Jaya2. Sistem besar ini tidak bisa lagi mencukupkan diri pada “SQL umum”. Banyak feature unik di Postgres yang dapat mempercepat proses penyelesaian masalah pemrograman yang dihadapi.

Sebelum download ebook ini, baca dulu TIPS MEMPERCEPAT DOWNLOAD DISINI


Download Ebook Tersebut Disini
SQL Dengan POSTGRES (277 kb)

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...