Pages

Subscribe:

Blogroll

Labels

Jumat, 26 Agustus 2011

PHP Log Access Script

PHP Log Access Script adalah script PHP yang berfungsi merekam kehadiran pengunjung Web, Blog Ataupun Forum. Pada script ini jika di terapkan maka akan menhasilkan Record Date And Time, IP, Browser, dan Refferer URL. Mungkin script ini berguna bagi kamu yang ingin mengetahui postingan atau thread mana yang sering dilihat oleh pengunjung.



Berikut ini adalah scriptnya :

<?php
$ip = $_SERVER['REMOTE_ADDR'];
$referrer = getenv('HTTP_REFERER');
$datum = date("d-m-y / H:i:s");
$userAgent = getenv('HTTP_USER_AGENT');
$invoegen = $datum . "
<br/><b>IP :</b> " . $ip . "
<br/> <b>From :</b> <a href='" . $referrer . "'>" . $referrer . "</a>
<br/><b>Browser :</b> " . $userAgent ."
<br />========================================<br/>";
$fopen = fopen("log.html", "a");
fwrite($fopen, $invoegen);
fclose($fopen);
?>
Pada keterangan bold merah di atas adalah File yang akan muncul otomatis 1 folder dengan dimana kamu meletakkan PHP Log Access Script tersebut. Di dalam file log.html itulah Record pengunjung yang akan di tampilkan. Seperti contoh kamu meletakkan pada folder www.domain.com/log/log.php maka Log Record akan muncul di www.domain.com/log/log.html.

  • Lalu bagaimana jika blog saya tidak support PHP
  • Sebagai contoh blog ini yang menggunakan blogger Blogspot apakah bisa ?
Yupz, Hal itu sudah saya pikirkan sebelumnya. Dan saya akan mencoba memberi solusinya bagaimana menerapkan  PHP Log Access Script pada blogspot.
  • Yang pertama dan terpenting adalah memiliki hosting yang support PHP, Pakai saja hosting gratis yang banyak bertebaran di Google. Sebagai contoh saya menggunakan 000webhost.com
  • Lalu upload PHP Log Access Script di folder yang kamu inginkan. Sebagai contoh di upload pada www.domain.com/log/log.php .
  • Karena blogspot tidak support PHP maka kita membutuhkan kode yang bisa menghubungkan ke PHP Log Access Script yang sudah kita buat. Di sini saya hanya menggunakan tag Javascript untuk menghubungkannya , Letakkan saja pada widget HTML/Javascript atau dalam tag <body>: 
<script type="text/javascript" src="DOMAIN FOLDER LOG"></script>
  •  Ganti keterangan bold merah di atas dengan URL di mana kamu meletakkan PHP Log Access Scriptnya.
Screenshoot hasil record yang saya letakkan di blog ini beberapa waktu :


Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya ?
Semoga berguna dan wassalam :)

0 komentar:

Posting Komentar

lancarklik.com

Lancarklik
About The Author
Nama saya Yudi Aditya, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...